Tadi sore gw nanya2 gitu di sekretariat soal lembar penyetaraan..Lembar penyetaraan itu apa? trus sama si ibu jutek nan malas itu dijawab seadanya dengan nada yang terkesan seperti mendapat beban berat berton-ton jumlahnya...
Kenapa orang seperti itu bisa di sekretariat? Kalau pelayanannya untuk mahasiswa seperti itu, bagaimana UI bisa menjadi salah satu universitas terbaik karena administrasinya?
Memang sebagai mahasiswa kita sama sekali tidak memiliki kekuatan. Ibarat, konsumen, seharusnya hak kita dilindungi. Tapi ya, lagi-lagi, kaum akademisi yang meneriakkan keadilan, tetapi ujung-ujungnya mereka juga tidak melaksanakan keadilan itu untuk semua orang. Seharusnya ada undang-undang perlindungan mahasiswa. Kayak undang-undang perlindungan konsumen gitu.
Ini bukan pertamakalinya gw dikecewakan oleh pelayanan sekretariat (eh nulis gini nanti gw dituntut pake UU ITE gak ya?). Suatu hari gw pernah nanya soal cara bikin surat keterangan mahasiswa. Karena si ibu2 itu ngasih taunya gak jelas...eh dia gak ngomong deng, cuma ngasih selembar kertas. Ya gw tulis data gw disitu pake tangan. Gw pikir setelah ditulis mereka akan mengetik, baru diserahin ke dekan untuk ditandatangani seperti di D3 dulu, yang semuanya serba komputerisasi.
Namun apa yang terjadi? Dia marahin gw. Katanya itu suratnya, terus gw harus ngetik di dalem gedung pake mesin ketik (baca: MESIN KETIK), baru dikasih ke dia lagi untuk di cap. (red: ketawa ngakak...ha..h.a..ha..)
Ya ..ya..ya..apa gunanya itu ada www.academic.ui.ac.id. Katanya UI sekarang semua serba online?
Inilah korban teknologi padahal orang-orang didalamnya merem sama teknologi. Sekretariat D3 aja lebih canggih. Padahal bayaran kita di ekstensi 2 kali lipatnya.
Lebih dari 5 juta! Seharusnya fasilitas lebih baik. Tapi ini? kuliah dari D3 ke S1 Ekstensi kaya kembali ke jaman purba!
Jadi pengen bikin bukti rekaman ketidakbecusan pelayanan mereka, so, bisa gw kasih ke rektor UI yang terhormat. Supaya dia tau, selain nambahin bus kampus yang pake ac, bikin jalur sepeda, plus mengharuskan tukang ojek bayar 200 ribu per semester, dia juga perlu memperbaiki pelayanan kesekretariatan dan administrasinya.
Kalau mahasiswa ngeributin hak orang, demo-demo supaya nuntut hak orang supaya dipenuhi, kenapa nggak nuntut hak dia untuk dipenuhi dulu? Kalo ada demo mahasiswa untuk menuntut hak karena telah membayar 8 juta+ 4.850.000 (kaliin 4 semester), gw bakalan ada dibarisan depan!
Karyawan yang dibayar aja punya hak, ini mahasiswa yang bayar sama sekali gak punya hak. Bukan cuma administrasi aja, soal perkuliahan juga. Kita punya hak untuk tahu nilai kita berapa? kita punya hak untuk menerima hasil-hasil ujian untuk pembelajaran dan evaluasi. Tapi? yah, itulah...lagi...lagi...
I can only sing, "Itulah Indonesia...!! Indonesia tanah airku.........."
Kenapa orang seperti itu bisa di sekretariat? Kalau pelayanannya untuk mahasiswa seperti itu, bagaimana UI bisa menjadi salah satu universitas terbaik karena administrasinya?
Memang sebagai mahasiswa kita sama sekali tidak memiliki kekuatan. Ibarat, konsumen, seharusnya hak kita dilindungi. Tapi ya, lagi-lagi, kaum akademisi yang meneriakkan keadilan, tetapi ujung-ujungnya mereka juga tidak melaksanakan keadilan itu untuk semua orang. Seharusnya ada undang-undang perlindungan mahasiswa. Kayak undang-undang perlindungan konsumen gitu.
Ini bukan pertamakalinya gw dikecewakan oleh pelayanan sekretariat (eh nulis gini nanti gw dituntut pake UU ITE gak ya?). Suatu hari gw pernah nanya soal cara bikin surat keterangan mahasiswa. Karena si ibu2 itu ngasih taunya gak jelas...eh dia gak ngomong deng, cuma ngasih selembar kertas. Ya gw tulis data gw disitu pake tangan. Gw pikir setelah ditulis mereka akan mengetik, baru diserahin ke dekan untuk ditandatangani seperti di D3 dulu, yang semuanya serba komputerisasi.
Namun apa yang terjadi? Dia marahin gw. Katanya itu suratnya, terus gw harus ngetik di dalem gedung pake mesin ketik (baca: MESIN KETIK), baru dikasih ke dia lagi untuk di cap. (red: ketawa ngakak...ha..h.a..ha..)
Ya ..ya..ya..apa gunanya itu ada www.academic.ui.ac.id. Katanya UI sekarang semua serba online?
Inilah korban teknologi padahal orang-orang didalamnya merem sama teknologi. Sekretariat D3 aja lebih canggih. Padahal bayaran kita di ekstensi 2 kali lipatnya.
Lebih dari 5 juta! Seharusnya fasilitas lebih baik. Tapi ini? kuliah dari D3 ke S1 Ekstensi kaya kembali ke jaman purba!
Jadi pengen bikin bukti rekaman ketidakbecusan pelayanan mereka, so, bisa gw kasih ke rektor UI yang terhormat. Supaya dia tau, selain nambahin bus kampus yang pake ac, bikin jalur sepeda, plus mengharuskan tukang ojek bayar 200 ribu per semester, dia juga perlu memperbaiki pelayanan kesekretariatan dan administrasinya.
Kalau mahasiswa ngeributin hak orang, demo-demo supaya nuntut hak orang supaya dipenuhi, kenapa nggak nuntut hak dia untuk dipenuhi dulu? Kalo ada demo mahasiswa untuk menuntut hak karena telah membayar 8 juta+ 4.850.000 (kaliin 4 semester), gw bakalan ada dibarisan depan!
Karyawan yang dibayar aja punya hak, ini mahasiswa yang bayar sama sekali gak punya hak. Bukan cuma administrasi aja, soal perkuliahan juga. Kita punya hak untuk tahu nilai kita berapa? kita punya hak untuk menerima hasil-hasil ujian untuk pembelajaran dan evaluasi. Tapi? yah, itulah...lagi...lagi...
I can only sing, "Itulah Indonesia...!! Indonesia tanah airku.........."
3 komentar:
Ayo no semangat! suarakan aksimu dan aksikan suaramu!Kalo ada apa2 tar gw kumpulin koin utk Eno deh :D
wakakaka...boleh2...
hahahaha.... Koin Untuk Eno.... efek dari komersialisasi pendidikan........
Posting Komentar